Menanam Selada

Diposting oleh benihbungamawar on Senin, 04 Agustus 2014

Menanam selada dari benih cukup gampang. Selada sendiri terhitung sayuran yang kebanyakan di makan mentah untuk lalapan maupun salad. Selada (lactuca sativa), Selada dikira untuk raja dari tanaman salad. Tanaman tahunan atau dua tahunan beriklim tengah ini dari keluarga Asteraceae. Sayuran ini kebanyakan dikonsumsi dingin serta mentah, dalam salad, hamburger, taco, serta berapa hidangan yang lain. 

Pada prinsipnya ada enam model selada, yakni butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, serta Summer Crisp (Batavia). Seluruhnya diperlukan buat satu arah, yakni buat salad. Selada tawarkan pemakainya beberapa kegunaan kesehatan serta gizi, seperti dilansir dari Lifemojo. 

Tumbuhan sayur selada ini menjadi tumbuhan asli lembah dari sisi timur Laut Tengah. Bukti lukisan pada pemakaman Mesir kuno memperlihatkan bahwasanya selada yg tidak membuat “kepala” udah ditanam dari 4500 SM. Awalannya, tanaman ini mungkn diperlukan untuk obat, serta buat minyak-bijinya yang bisa dimakan. Selada yang membuat kepala yaitu tanaman yang dibudidayakan agak lebih waktu ini, yang pertama kali diberi nama untuk “selada kubis” pada th. 1543. 

Kandungan nutrisi daun selada per 100 gram : 

- Air, 94. 91 g 
- Daya, 14 kcal 
- Daya, 59 kj 
- Protein, 1. 62 g 
- Keseluruhan Lemak, 0. 2 g 
- Karbohidrat, 2. 37 g 
- Serat, 1. 7 g 
- Ampas, 0. 9 g 
- Mineral : Kalsium, Ca, 36 mg, Besi, Fe, 1. 1 mg, Magnesium, Mg, 6 mg, Phospor, P, 45 mg, Potassium, K, 290 mg, Sodium, Na, 8 mg, Seng, Zn, 0. 25 mg, Tembaga, Cu, 0. 037 mg, Mangan, Mn, 0. 636 mg, Selenium, Se, 0. 2 mg. 
Vitamin : Vitamin C, asam ascorbic, 24 mg, Thiamin, 0. 1 mg, Riboflavin, 0. 1 mg, Niacin, 0. 5 mg, Asam Pantothenic, 0. 17 mg, Vitamin B-6, 0. 047 mg, Folate, 135. 7 mcg, Vitamin B-12, 0 mcg, Vitamin A, 2600 IU, Vitamin A, RE, 260 mcg_RE, Vitamin E, 0. 44 mg_ATE. 

Kendati seluruhnya varietas selada mempunyai kalori rendah, akan tetapi mempunyai kandungan gizi yang berlainan. Selada untuk sumber baik kolin. Selada Romain yang paling padat nutrisi dari seluruhnya varietas serta menjadi sumber vitamin A, B1, B2 serta C, asam folat, mangan serta kromium. Selada merah memperoleh warna merah dari pigmen yang dimaksud antosianin. Pigmen ini memiliki fungsi untuk antioksidan, mengikis radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Berapa peneliti temukan bermacam selada merah punya kandungan flavonoid, yang disebut antioksidan kuat. 

Menanam selada dari benih selada dapat di dataran tinggi atau dataran rendah, cuman ada sedikit ketidaksamaan. Apabila di tanam di dataran tinggi warnanya semakin bagus, daun lebih lebar, sedang di dataran rendah daunnya lebih kecil, serta lebih cepat berbunga. Adapun menanam selada sebagaimana berikut : 

Siapkan media tanam. Kombinasi tanah, kompos, sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau dapat dengan media tanam yang lain 
siapkan tempat penyemaian, mengupayakan agar yang bawahnya berlubang biar aliran air baik. 
Tempatkan benih selada ditempat penyemaian dalam posisi tertidur, selaraskan dengan besarnya tempat penyemaian. 
Siram dengan cara halus 
Tempatkan ditempat yang teduh serta jelas, atau terlindungi dari cahaya matahari serta air hujan dengan cara langsung 
Umumnya benih selada bakal tumbuh pada hari ke 3-7 
Sesudah daun sejati nampak atau udah berdaun 4 maka selada dapat di pindah 
Umumnya saya menanam bibit selada yang tetap kecil di gelas sisa air mineral, 1 tanaman per gelas, kalau udah agak besar di ubah ke pot ukuran 30 cm atau di tanam di tanah segera. Selada yang di ubah terlampau awal terlebih kalau kurang hati-hati bakal pengaruhi perkembangan tanaman waktu yang akan datang. Akan tetapi kalau akar udah cukup banyak serta kuat maka tanaman bakal lebih gampang menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Tempatkan selada yang baru di ubah ditempat yang sama atau ditempat yang teduh lebih dahulu minimal sepanjang 1 minggu. Ini buat berikan saat pada tanaman buat menyesuaikan bila tdk tanaman bakal stress serta selanjutnya mati.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar