5 Panduan Membudidayakan Kumis Kucing

Diposting oleh benihbungamawar on Rabu, 13 Agustus 2014

Tanaman kumis kucing lebih dari setahun paling akhir ini sudah jadi tanaman obat yg lagi tengah gandrung dibudidayakan oleh warga. Tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian hingga 1. 500 m di atas permukaan laut. 

Seperti yg diterangkan pada website davesgarden. com, selanjutnya langkah membudidayakan tanaman kumis kucing dengan benar, salah satunya : 

1. Penyiapan Lahan 
Area yg dapat difungsikan buat budidaya kumis kucing di proses dengan mencangkul tanah sedalam 20 cm, selanjutnya di buat bedengan dengan lebar 1-1, 5 m, tinggi 30 cm serta panjang sama sesuai keadaan area. 

2. Penyiapan Bibit 
Perbanyakan tanaman kumis kucing dikerjakan dengan setek batang. Setek di ambil dari 2-3 ruas batang yg tidak terlampau muda, panjang setek 25-30 cm. 

3. Penanaman 
Bibit yg dapat ditanam di lapangan di pilih yg pertumbuhannya baik serta seragam. Bibit ditanam di lubang tanam yg telah disediakan sejumlah 1-3 bibit per lubang tanam. Selanjutnya lubang tanam ditutup dengan tanah galian lubang tanam serta disiram air seperlunya. 

4. Pemeliharaan 
Pemupukan tanaman kumis kucing mampu dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali memakai pupuk kandang dengan dosis 0, 5 – 1 kg/tanaman. Pupuk buatan yang bisa diberikan yaitu urea 175 kg/ha, TSP 100 kg/ha serta KCl 100 kg/ha yang didapatkan saat tanam. 

5. Panen serta Pascapanen 
Panen mampu dikerjakan sehabis tanaman berusia 3 bln.. Pemanenan seterusnya mampu dikerjakan 4-5 bln. sekali. Pemetikan daun yg memiliki mutu serta produktivitas terbaik yaitu 6 gunakan daun dari pucuk. 

Nah, benar-benar gampang kan ladies? Tiada kelirunya andaikan pekarangan rumah, Anda buatlah area buat membudidayakan kumis kucing yg multimanfaat buat kesehatan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar