Langkah Menanam Vinca Dari Biji

Diposting oleh benihbungamawar on Sabtu, 02 Agustus 2014

Langkah menanam vinca dapat dikerjakan dengan menyemai biji atau benih vinca atau bisa pula dengan stek batang. Vinca atau dalam bhs ilmiahnya di sebut catharanthus roseus. Vinca atau periwinkle madagaskar datang dari madagaskar merupakan model bunga yang tahan panas, serta udah banyak di kembangkan model vinca hibrida dengan penampilan bunga yang lebih berwarna-warni, walaupun tetap kecil namun udah dapat berbunga serta pasti lebih tahan pada penyakit. Vinca hibrida terbagi dalam model vinca tegak serta vinca menggantung. Bedanya tidak cuman pada wujud bunga yang memang tetap nyaris menyerupai keduanya, yakni pada batangnya, pada model vinca menggantung atau cascade batangnya dapat tumbuh menggantung atau lebih rebah, sebab itu sesuai kalau ditanam buat pot gantung. Adapun langkah menanam vinca dari biji merupakan sebagaimana berikut : 

Langkah menanam Vinca : 

Siapkan media tanam dapat bersifat kombinasi tanah, kompos serta sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau kompos : sekam = 1 : 1, atau mungkin dengan media tanam yg lain. Sipkan juga tempat penyemaian dapat bersifat tray semai, gelas sisa air mineral, dan sebagainya, mengupayakan agar tempat semai berlubang sisi bawahnya biar air dapat mengalir keluar dapat memasukkan potongan-potongan kertas ke dalam tempat semai lebih-lebih kalau lubang sisi bawah besar. Upayakan media tanam dikukus lebih dahulu atau mungkin dengan berikan furadan 3GR dengan dosis sejumput jari untuk menghambat rusaknya dimuka penanaman lantaran serangga atau hama serta makin besar kesuksesan menanam. 
Biji vinca dapat di rendam lebih dahulu dengan air hangat sepanjang 2 jam tapi bisa pula segera di semai. 
Masukkan media ke dalam tempat atau wadah kurang lebih ¾ sisi. 
Tempatkan biji vinca diatas media kurang lebih dengan kedalaman 0, 5 cm, selaraskan jumlah biji dengan tempat semai. 
Taburkan selapis tanah tidak tebal diatas biji vinca 
Siram dengan sprayer halus untuk membasahi media 
Tutup tempat semai dengan plastik bening untuk menghambat penguapan & melindungi kelembaban media. (Ini dapat dikerjakan dapat tdk) 
Kurun waktu 7 hari biji vinca dapat tumbuh. Seandainya biji vinca udah tumbuh terlepas tutup plastik 
Siram teratur dengan sprayer halus atau mungkin dengan letakkan air dalam tatakan dibawah pot semai, air dapat dengan sendirinya naik ke atas sesuai sama prinsip kapilaritas, langkah tersebut amat efisien untuk benih yang halus serta rawan seperti mint, dan sebagainya. 
Seandainya udah nampak daun sejati atau 4 daun, bibit dapat dipindah ke pot tambah besar. 
Beri pupuk dengan teratur serta pemangkasan teratur dapat bikin vinca berbunga banyak serta cantik. 

TIPS : 

Biar vinca kompak serta lebat jalankan piching serta prunning dari awal, yakni : 

Saat mulai berkembang 6 daun maka buang 2 sisi daun paling atas, lalu dapat tumbuh 2 cabang, sesudah tumbuh sepasang daun pada semasing cabang buang lagi 2 daun yang paling atas pada semasing cabang ini untuk merangsang perkembangan cabang yang banyak. Kemudian diamkan tumbuh, kelak pada waktu udah dewasa jalankan prunning atau pemangkasan dengan teratur. Langkah ini dapat memperlambat sistem pembungaan tapi kelak akhirnya vinca tumbuh kompak, lebat serta banyak bunga lantaran banyak cabangnya. 

Biar tumbuh bagus 1 minggu sesudah tumbuh beri pupuk 0, 5 gr per liter 

Sehabis transplanting, jalankan pemupukan. Pupuknya NPK 32-10-10 atau nitrogen tinggi biar banyak daunnya. Dosisnya, 1 sendok teh per pot (diameter pot 15 cm). Usia 6 minggu, knop bunga mulai bermunculan. Akan tetapi biar cabangnya banyak, bunga mestinya dibuang. Tiga bln. sesudah transplanting, batang udah tumbuh optimum serta rimbun. Inilah waktunya untuk dibungakan. Pupuknya ditukar dengan P tinggi ditambah Ca. Dapat NPK 10-55-10 plus Ca. Sehabis disemprot pupuk, tidak berapakah lama bunga akan keluar di tiap-tiap pucuknya. Hebatnya, bunga akan senantiasa keluar tiada tahu musim. Vinca pot dapat bertahan bagus sampai 1 tahun. Akan tetapi misalnya ditanam di tanah, akan senantiasa tumbuh bagus. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar