Menanam Bunga Lavender

Diposting oleh benihbungamawar on Rabu, 06 Agustus 2014

Menanam lavender dapat dari biji atau benih lavender maupun dari stek batang. Langkah yang termudah yaitu dengan stek batang. sebelum saat mengulas selanjutnya tentang bagaimana caranya menanam lavender sebaiknya mengetahui lebih dekat dengan Si Ungu yang berbau harum ini. Lavender atau dalam nama ilmiahnya di sebut dengan Lavandula officinalis adalah tumbuhan semak yang mempunyai bunga berwarna ungu. Lavender datang dari lokasi selatan Laut Tengah hingga Afrika tropis serta ke timur hingga India. Serta banyak ditanam di negara-negara eropa (perancis). 

Lavender kerap dipakai dalam upacara ritual orang romawi serta kerap dimaksud “lavare” yang berarti membersihkan atau beri kesegaran, barangkali lantaran aroma lavender yang beri kesegaran otak serta menentramkan jiwa, aromanya dapat merangsang keluarnya endorpin dalam badan hingga otot-otot yang tegang jadi rileks kembali. Hingga dapat menambah ketenangan dalam jiwa lantaran bagaimanapun ada jalinan pada kesehatan fisik yang berbentuk jasmani dengan kesehatan jiwa, rohani serta batin. Karenanya lavender kerap dipakai untuk aroma therapy serta dipakai untuk pilihan aroma dalam minyak wangi. Lavender mempunyai banyak type, umumnya yang membedakan tidak cuma fisik tanaman tetapi juga kemampuan baunya. Ada yang baunya kuat menyengat serta ada yang lebih soft atau tak terlampau kuat. 

Lavender yang di tanam di dataran tinggi bakal membuahkan minyak yang semakin banyak. Tetapi bukan hanya berati tak dapat di tanam di lokasi dataran rendah seandainya memperoleh matahari serta makanan yang cukup maka lavender terus dapat hidup serta berbunga dengan indah, seandainya aliran airnya bagus atau tak tergenang lantaran levender tak tahan pada keunggulan air lho. Lavender sesungguhnya tidaklah tanaman yang rewel atau dapat disebutkan perawatannya sedikit. Tetapi ketika awal menanam terutama yang menanam dari biji membutuhkan perhatian yang lebih. Namun tak perlu cemas malah ini bakal jadi suatu pengalaman serta evaluasi yang cukup menarik. Banyak langkah menanam lavender terutama dari biji. Ada yang lakukan cold stratifying atau merandam dalam air lalu ditempatkan di tisue atau kapas basah input dalam plastik lalu masukkan ke dalam kulkas sekurang-kurangnya sepanjang satu bulan, tetapi dapat pula lewat cara yang umum seperti kita menyemai benih yang lain. Menurut pengalaman saya menanam lavender dari biji cuma memakai langkah yang umum hanya janganlah lupa menyiram dengan teratur. Lavender yang saya tanam yaitu type lavender munstead strain. 

Tersebut disini bagian menanam lavender : 

- siapkan media. Kombinasi tanah, kompos serta sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pada mulanya rendam biji lavender dalam air hangat 2-12 jam untuk mempercepat perkecambahan. 
- Siapkan juga tempat untuk menanam, saya lebih sukai memakai gelas sisa air mineral. Atau dapat memakai apa pun yang dipunyai. 
- Isi wadah badian bawah dengan potongan kertas sisa (ini baleh dikerjakan bisa tak), lalu isi dengan 3/4 media, basahi dengan air hingga air mengalir keluar. 
- Tempatkan biji dalam posisi memanjang, bila dapat 1 tempat cuma 1-3 biji atau sesuaikan dengan besar tempat penyemaian. 
- Tutup dengan media tipis-tipis saja lalu semprot dengan sprayer atau basahi dengan air. 
- Tutup sisi atas tempat penyemaian dengan plastik bening ini ditujukan untuk melindungi kelembaban media dari penguapan. (Ini bisa dikerjakan bisa tak, tetapi apabila tak, upayakan menyiram media lebih intensif terlebih apabila cuaca panas terik. jangan sempat kekeringan) 
- Tempatkan ditempat yang jelas serta terlindung dari air hujan serta cahaya matahari dengan cara segera. 
- Siram dengan teratur atau sesuaikan dengan situasi media tanam. 
- Benih lavender bakal tumbuh pada hari ke 14-21, tetapi menurut pengalaman menanam lavender dari biji tak hingga 1 minggu telah tumbuh. 
- Apabila telah tampak benih lavender tumbuh maka selekasnya terlepas pembungkus plastik. 
- Apabila telah tampak sebagian daun janganlah cepat-cepat dipindah. Karenanya, tadi saya menyampaikan menyemainya cukup 1-3 benih per tempat, lantaran menurut pengalaman lavender yang tetap kecil bakal benar-benar rawan apabila dipindah. Tunggulah hingga kurang lebih ukuran 5 cm. Apabila batangnya telah berkayu lavender tak perlu lagi memperoleh perhatian yang terlampau banyak. Ia bakal berkembang dengan cepat. Serta dapat ditempatkan di tempat yang memperoleh cahaya matahari yang penuh. 
- Lavender bakal mulai berbunga apabila umurnya 6-12 bln.. Apabila telah besar letakkan di pot yang besar atau di tanah segera lantaran lavender jenis semak yang rimbun. serta ketika itu perbanyak lavender dari stek batang. Cukup potong batang yang telah cukup tua serta tancapkan ke tanah awalannya bakal tampak layu serta rontok tetapi kelak bakal nampak tunas-tunas muda dari buku-buku batangnya. Upayakan batang yang distek tak diletakkan ditempat yang panas. 

{ 3 komentar... read them below or add one }

waylemon mengatakan...

Saya sih pernah membaca lebih lengkap tentang Rahasia sukses Menanam Bunga Lavender Di Indonesia di link tadi

Unknown mengatakan...

coba juga tentang cara menanam lavender yang satu ini

michele wijaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar