Langkah Menanam Strawberry Dari Biji

Diposting oleh benihbungamawar on Minggu, 03 Agustus 2014

Menanam strawberry memanfaatkan sulur-sulurnya bakal lebih enteng dibanding menanam strawberry dari biji. Tapi, lantaran dorongan hati serta rasa penasaran yg tinggi selanjutnya saya coba menanam strawberry dari biji. 

Buah khas strawberry ini datang dari Amerika serta dikembangbiakan dengan baik di daerah Amerika Utara buat style Fragaria Virginiana yg populer bakal terasa serta Amerika Selatan, Chile buat style Fragaria Chiloensis buat ukuran besarnya. Nama Fragaria di ambil dari kata ”Fragans” yg mempunyai arti harum yg menunjuk dari bau harum buah strawberry. 

Sebagian etimologi dari kata Strawberry misalnya ; dari kesibukan tukang kebun dengan memanfaatkan sedotan ”straw” buat menanam buah ini serta buat perlindungan dari sistem pembusukan atau dapat juga datang dari masa Anglo-Saxon di mana kata kerja buat menaburkan “Strew” (maksud/makna buat menyebar disekitarnya) yg yaitu ”Streabergen” (Strea bermakna ” menaburkan” serta Bergen bermakna biji atau buah). Lantas streberie, straiberie, strauberie, straubery, strauberry, serta selanjutnya jadi ”Strawberry”. Nama ini diperkirakan lantaran faktanya bahwasanya bibit/biji dari buah ini ditaburkan (Strewn) selama tanah. 

Dalam histori Yunani kuno, buah yg satu ini diangkat resmi sbg simbol dewi Cinta lantaran keberadaannya luar dalam. Keindahan cinta kala itu dilambangkan oleh warna, rasa, serta kemampuan buah ini. Dari tersebut buah ini jadi populer. Dari sisi fisiknya terbilang cantik, mengundang selera, feminin, peka serta manis, seperti seperti seseorang wanita. Maka, banyak orang-orang menyebutkan buah strawberry dengan buah cinta. 

Menanam strawberry bakal tambah baik kalau ditanam di dataran tinggi, tetapi bisa saja juga menanam strawberry di dataran rendah, prinsipnya buat tumbuh strawberry sekurangnya wajib mendapatkan cahaya matahari sekurangnya 6 jam satu hari serta mendapatkan air yg cukup, jadi tak ada kelirunya baik tinggal di dataran rendah ataupun tinggi coba menanam strawberry, selanjutnya beberapa langkah menanam strawberry dari biji : 

Rendam biji strawberry dalam air hangat sepanjang 12-24 jam buat merangsang perkembangan, dapat juga dikerjakan cold stratifying yakni dengan meletakan biji diatas kapas atau tissue lalu dimasukkan plastik ziplock serta dimasukan ke dalam kulkas sepanjang 2-4 minggu. Kebanyakan saya cuma merendamnya saja. 
Siapkan media tanam, dapat memanfaatkan paduan tanah, kompos, sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa saja dengan media tanam yg lain. 
Siapkan tempat tanam mengusahakan agar berlubang sisi bawahnya, sisi bawah di beri potongan kertas sisa (biar media tak keluar dari lubang pot namun air dapat konsisten mengalir ke luar) lalu isikan media tanam lebih kurang 3/4 sisi. 
Taburkan biji diatas permukaan media, buat memudahkan letakkan biji serta biar tak sama-sama melekat kedua-duanya lantaran basah sesudah di rendam, dapat di gabung serta digosok-gosok dengan sedikit pasir atau tanah kering atau bisa saja dengan dilap tissue. 
Sesudah itu beri sedikit susunan tanah diatas benih yg di tabur 
Siram atau basahi media yg udah ditaburi benih dengan sprayer 
Tutup pot semai dengan plastik bening buat kurangi penguapan serta merawat kelambapan media tanam. 
Tempatkan ditempat yg terlindung dari cahaya matahari serta air hujan dengan cara langsung 
Teliti teratur kelambapan media tanam jangan sempat terlampau basah atau terlampau kering 
Apabila telah tumbuh terlepas penutup plastik. 
lantaran tunas strawberry kecil serta riskan pada air, hati-hati selagi menyiram, siram dengan sprayer halus atau bisa saja dengan letakkan tatakan di isi air dibawah pot, kelak dengan sendirinya air bakal perlahan naik keatas media. 
Jangan sampai cepat-cepat memindah starberry yg baru tumbuh, walaupun kalau telah nampak daun sejati telah dapat dipindah dengan catatan wajib dengan hati-hati. 
Sesudah dipindah mengusahakan agar tempatkan tanaman pada tempat awal mulanya atau di tempat yg ternaungi sekurangnya sepanjang 1 minggu, hal semacam ini buat berikan saat terhadap tanaman buat menyesuaikan dengan media yg baru serta buat merangsang perkembangan akar yg kemungkinan pernah terluka saat pindahan tempat, bagaimana lantas tanaman juga makhluk hidup. 
Sesudah cukup besar tanaman mulai dapat dipapar cahaya matahari segera, mestinya dengan cara bertahap. 
Saat mulai terlihat bunga pertama maka buang seluruhnya bunga pertama yg terlihat, hal semacam ini buat memaksimalkan perkembangan tanaman, lantaran kalau bunga tak dibuang maka perkembangan bakal terkonsentrasi pada akan buah. 
Kebanyakan pada th. ke 2 baru dapat rasakan hasil strawberry yg ditanam dari biji (ini kalau dikerjakan pembuangan bunga pertama dikerjakan kalau tak maka bakal lebih cepat berbuah). Atau dapat dipercepat dengan pemupukan yg teratur) 
Sesudah besar tanaman strawberry bakal tumbuh sulur-sulur, biar nampak rapi potong sulur-sulur itu, serta tanam buat jadikan bibit. Pertunbuhan bibit yg ditanam dari sulur bakal lebih cepat, jadi kemungkinan beberapa hari sesudah itu anda telah miliki banyak tanaman strawberry sendiri atau dapat di katakan anda miliki kebun strawberry sendiri.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar