Menanam Bunga Geranium Dari Biji

Diposting oleh benihbungamawar on Rabu, 30 Juli 2014

Menanam Geranium dapat ditunaikan dengan stek mau pun lewat biji/benih geranium. Bunga geranium idektik dengan tanaman pengusir nyamuk dikarenakan wangi daunnya kurang digemari oleh nyamuk. Serta yang punyai bau yang kuat merupakan type scented geranium atau pelargonium citrosa. Tetapi bunga geranium yang cantik juga amat indah untuk jadikan hiasan. Memang bunga geranium serta tapak dara (Vinca) itu berlainan. 

Benih geranium terhitung mahal dikarenakan cuma di isi 10 biji, serta saya coba menanam 2 biji, alhamdulillah tumbuh seluruhnya, dibawah ini sedikit stage menanam bunga geranium pada umumnya : 

Siapkan media tanam, berwujud gabungan tanah, kompos, sekam bakar (1 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 2) dapat diberikan furadan 3GR atau kukus media tanam terlebih dulu. Dapat pula memanfaatkan media tanam yang lain. Atau dapat pula memanfaatkan tisue/kapas lembab (yg sudah dibasahi air, serta mengupayakan agar jangan sampai terlampau banyak air dikarenakan kelak bakal buat benih busuk), lalu tempatkan benih di atas tissue/kapas itu serta lalu masukkan ke dalam wadah serta tutup wadah itu, jangan sampai lupa dicek, jangan lantas benih tumbuh terlampau panjang. 
Siapkan tempat semai dapat berwujud tray semai, sisa air mineral dsb, yang paling terutama mengupayakan agar basuh bersih tempat semai sebelum akan dimanfaatkan. Serta mengupayakan agar sisi bawah berlubang jadi air dapat mengalir keluar. 
Masukkan media tanam ke tempat semai kurang lebih 3/4 sisi. 
Tempatkan biji atau benih geranium dalam kondisi memanjang 
Lalu beri selapis tanah tidak tebal di atasnya. 
Selanjutnya siram dengan sprayer lembut sampai air keluar dari sisi bawah pot semai 
Tutup sisi atas pot dengan plastik bening (ini bisa ditunaikan bisa tdk) 
Jaga kelembapan media tanam, dikarenakan geranium muda tdk dapat bertahan apabila media terlampau basah mau pun terlampau kering. 
Menurut pengalaman biji atau benih geranium tumbuh dalam tempo 7 hari Seandainya udah kelihatan tunas terlihat terlepas plastik penutup (ini ditunaikan apabila langkah 7 ditunaikan) 
Sesudah geranium berdaun 4 maka bibit gernium dapat di geser, akan tetapi bakal lebih aman apabila memindah geranium saat udah mulai kelihatan punyai akar yang cukup, lantaran itu saat menyemai cukup 1-2 benih per tempat. 
Siapkan media tanam untuk menanam bibit geranium, berwujud tanah, kompos, sekam dapat diberikan pupuk NPK 1 sendok teh lalu diamkan sepanjang 1 minggu, atau dapat pula dengan menyiram media tanam dengan MOL Tape sepanjang 7 hari selanjutnya baru di tanami. 
Hati-hati sementara memindah tanaman, dapat pula sebelum akan di tanam akar dimasukan ke dalam larutan fungisida, dsb atau dapat pula ke dalam air bawang (untuk antiseptip) 
Tempatkan bibit geranium yang baru dipindah di tempat yang sama atau ditempat yang teduh atau ditempat yang cuma memperoleh cahaya matahari pagi saja, untuk memerikan saat untuk tanaman menyesuaikan dengan lingkungan baru serta melakukan perbaikan luka yang barangkali timbul saat perpindahan. 
Geranium baru bakal berbunga sesudah 3-4 bln.. 

Panduan menanam : 

Jangan sampai harapkan terlalu berlebih bakal hasil tanaman, akan tetapi nikmatilah sistem menanam itu dikarenakan dari sanalah dapat belajar beberapa perihal yang bakal tentukan hasil tanaman setelah itu. 
Berpikirlah positif lantaran itu akan juga punya pengaruh pada kesuksesan menanam, apabila memikirkan dapat, maka insyaallah Allah bakal menumbuhkannya. 
Carilah sebanyak-banyaknya info berkaitan tanaman yang bakal ditanam 
Serta terus semangat 
Selamat berkebun.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar